Cabang olahraga wushu

Cabang olahraga wushu masuk daftar pengawasan ketat Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Latihan KONI Sulawesi Selatan (Sulsel).Jika performa atlet buruk, dia terancam tidak diberangkatkan ke PON XVIII Riau 2012. Sulsel berhasil meloloskan 38 cabang olahraga untuk diikutkan di PON XVIII yang akan berlangsung di Riau, September nanti. Dari jumlah tersebut, cabang olahraga yang tidak memiliki target medali adalah wushu.

Ketua Satgas Pengendalian Latihan KONI Sulsel Marzuki Wadeng mengatakan, wushu masuk daftar pemantauan dan berpeluang dicoret dari daftar atlet dan cabang olahraga yang akan dikirim ke Riau. “Minggu lalu, semua cabang olahraga sudah mengikuti tes fisik,”katanya.

Menurut dia, jika dari hasil tes tersebut diketahui atlet wushu Sulsel Victor Handoyo tidak memenuhi syarat, dia langsung dicoret dari daftar.“Yang akan dikirim ke PON hanya atlet yang paling siap walaupun lolos Pra-PON,”sebutnya. Sebaliknya, menurut dia, jika hasil tes dinyatakan baik, dia akan diberikan target meraih emas atau paling buruk adalah perak dan perunggu.“Semua cabang olahraga yang lolos PON diberikan target. Namun, hal itu tidak terlepas dari perkembangan hasil tes,”tuturnya.

Marzuki menjelaskan, hasil tes VO2 max akan dikeluarkan dalam waktu dekat ini dan langsung diumumkan secara serentak oleh satgas.“Tesnya dilakukan bersamaan. Tentu saja pengumumannya juga dilakukan bersamaan,”ujarnya. Dia mengatakan, jika dilihat dari PON XVII Kalimantan Timur (Kaltim) 2008, prestasi cabang olahraga wushu tidaklah terlalu buruk.“Sempat meraih medali.

Namun, saya lupa persisnya medali apa,” katanya. Hanya,menurut dia,prestasi tersebut tidak berlanjut hingga seleksi Pra-PON Riau. Dua atlet yang pernah diikutkan di PON Kaltim tidak lolos dan terpaksa dicoret. “Prestasi kedua atlet tersebut tidak menggembirakan dan sulit bersaing sehingga dicoret,”ucapnya.

0 komentar:

Posting Komentar