Kantor Pemadam Kebakaran Bone Rugi Puluhan Juta

Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Bone rugi puluhan juta akibat ulah iseng para penelepon gelap. Pasalnya, Kantor Damkar Bone harus mengeluarkan biaya bahan bakar minyak (BBM) tiga unit mobil damkar dan operasional 30 personel akibat menindaklanjuti laporan palsu itu Kepala Kantor Damkar Kabupaten Bone, Andi Darmadi mengatakan,dalam dua pekan terakhir, tercatat 27 telepon gelap dari orang iseng.

“Setiap kali melakukan tugas terkait pemadaman kebakaran, kantor mengeluarkan biaya operasional rata-rata Rp2 juta,”kata Andi Darmadi saat memberikan keterangan pers di CafĂ© Laga Ligo kemarin. Biasanya, kata Darmadi, setiap ada informasi dari masyarakat, pihaknya langsung bertindak. Dari 27 kali telepon gelap yang diterima semuanya dilayani dengan mendatangi lokasi yang disebutkan penelepon.

Rata-rata lokasi yang diberitahukan ada kebakaran jaraknya puluhan kilometer, seperti di Lapriaja, Ajangale, dan perbatasan Ponre. “Untuk menjangkau wilayah ini, membutuhkan biaya operasional sekitar Rp2 juta. Total, kami sudah rugi puluhan juta akibat ulah penelpon gelap ini,” ungka dia. Menurut dia, pihaknya akan melaporkan para penelepon gelap yang tak bertanggung jawab tersebut ke Polres Bone, hari ini.

Dia mengaku menyimpan nomor telepon seluler (ponsel) penelpon gelap tersebut. “Saya harus lapor, biar polisi yang melacaknya. Saya mengimbau masyarakat tidak menghubungi Kantor Damkar Bone jika tidak ada peristiwa kebakaran,” tandas Darmadi. Sementara itu, Kepala Seksi Penanggulangan Bahaya Kebakaran Sabaruddin mengungkapkan, dalam empat bulan terakhir, sebanyak 30 rumah warga hangus terbakar. Kerugian material diperkirakan mencapai Rp2 miliar.

Selain itu, kebakaran menyebabkan lima orang mengalami luka bakar. Anggota Badan Anggaran DPRD Alfian T Anugrah mengatakan DPRD merencanakan akan mengalokasikan dana untuk penambahan armada Kantor Damkar Bone. Dana untuk membeli dua unit mobil tersebut direncanakan masuk dalam APBD Perubahan 2012. Menurut anggota Komisi III ini, penambahan mobil damkar sangat mendesak karena peristiwa kebakaran di Bone cukup tinggi. “Dana yang dipersiapkan untuk pengadaan dua unit mobil damkar sekitar Rp1 miliar,”kata Alfian.

0 komentar:

Posting Komentar